Welcome to My Blog!

Share Anything. Enjoy!
Follow Me

EMAIL



By  Unknown     09.13     

a. Cara Membuat Email

  A. Cara Membuat Email Gratis di Gmail (Google Mail)
Ini adalah layanan email gratis favorit saya. Selain bisa membuat email dengan gratis, kita juga bisa membuat akun Google plus dengan mudah bila sudah memiliki akun Gmail.
1. Langkah pertama, kunjungi situs Google mail
2. Klik tombol “Create an account” atau “Buat akun” yang ada di sebelah kanan atas halaman Google mail.
3. Isi kolom-kolom yang ada pada halaman pengisian dengan data Anda:

  •     Nama: isi dengan nama lengkap Anda, nama depan dan nama belakang
  •     Pilih nama pengguna Anda: isi dengan alamat email yang Anda inginkan
  •     Buat sandi: isi dengan sandi yang tidak mudah ditebak, tapi mudah Anda ingat
  •     Konfirmasi sandi Anda: ulangi memasukkan sandi Anda sebelumnya
  •     Tanggal lahir: isi dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda
  •     Gender: pilih yang sesuai dengan jenis kelamin Anda
  •     Ponsel: isi dengan nomor HP Anda untuk keamanan
  •     Buktikan bahwa Anda bukan robot: isi dengan kode (2 kata dengan spasi) yang ada di halaman tersebut
  •     Lokasi: isi sesuai dengan negara tempat Anda tinggal
  •     Centang kolom menyetujui persyaratan dan kebijakan dari Google
  •     Klik tombol “Langkah berikutnya”

    4. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan profil Anda dengan menambahkan foto profile Anda. Untuk menambahkan foto, silahkan klik tombol “Tambahkan Foto Profil”. Anda bisa memasukkan foto dari komputer. Setelah selesai mengatur foto profil, klik tombol “Langkah berikutnya”.
    5. Voila, akun email di Google sudah selesai dibuat. Silahkan klik tombol “Lanjutkan ke Gmail” untuk masuk ke halaman email Anda.
    B. Cara Membuat Email di Yahoo Mail
    Layanan email gratis dari Yahoo sangat banyak digunakan orang. Selain email gratis, kita juga otomatis akan bisa mendaftar ke layanan Yahoo Messenger untuk chating.
    1. Langkah pertama, kunjungi situs Yahoo mail
    2. Klik tombol “Buat Account Baru” di bagian atas kanan halaman Yahoo mail.
    3. Isi kolom-kolom yang disediakan dengan memasukkan data Anda:

    •     Nama:  isi dengan nama lengkap Anda, nama depan dan nama belakang
    •     Pilih ID Yahoo!: pilih alamat email yang Anda inginkan di Yahoo
    •     Pilih kata sandi: isi dengan sandi yang Anda inginkan dan mudah diingat
    •     Ketik ulang kata sandi: masukkan lagi sandi Anda
    •     Saya lahir pada:  isi dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda
    •     Saya tinggal di: pilih negara dimana Anda tinggal
    •     Ponsel: isi dengan nomor HP Anda, untuk keamanan
    •     Email Alternatif: isi bila Anda punya email lain, kosongkan bila memang tidak ada
    •     Klik tombol “Buat akun saya”

      4. Langkah selanjutnya adalah mengisi pertanyaan rahasia, ini dibutuhkan untuk menjaga keamanan akun email Yahoo Anda. Di sini Anda harus memilih pertanyaan dari pertanyaan 1 dan 2, serta tentukan jawaban Anda. Pilihlah pertanyaan yang jawabannya mudah Anda ingat. Dan jangan lupa mengisi nomor ponsel Anda pada kolom yang sudah disediakan. Pada halaman ini Anda juga perlu untuk memasukkan kode anti spam. Setelah selesai mengisi kolom-kolom yang disediakan, klik tombol “Selesai”.
      5. Voila, email Anda di Yahoo sudah selesai dibuat. Langkah selanjutnya Anda bisa klik tombol “Persiapan Awal” untuk masuk ke halaman email Anda.
      C. Cara Membuat Email di Hotmail
      Layanan email gratis Hotmail ini disediakan oleh Microsoft.com. Memang tidak sepopuler Gmail dan Yahoo mail, tapi layanan ini sangat banyak digunakan orang.
      1. Langkah pertama, buka situs Hotmail
      2. Klik tombol “Sign up now” pada bagian kanan bawah halaman Hotmail.
      3. Isi kolom-kolom yang disediakan dengan memasukkan data Anda:

      •     Name: isi dengan nama depan dan nama belakang Anda
      •     Birth date: isi dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda
      •     Gender: pilih jenis kelamin
      •     Microsoft account name: isi dengan alamat email yang Anda inginkan di akun Microsoft Anda
      •     Create password: isi dengan sandi yang Anda inginkan
      •     Reenter password: masukkan kembali sandi Anda
      •     Phone number: isi dengan nomor HP Anda, untuk keamanan akun email
      •     Alternate email address: isi dengan alamat email Anda yang lain, kosongkan bila tidak ada. Bila Anda tidak mengisi email alternatif maka Anda harus mengisi pertanyaan dan jawaban rahasia untuk menjaga keamanan akun email Anda.
      •     Country region: pilih negara tempat tinggal Anda
      •     Postal code: isi dengan kode pos Anda
      •     Enter the characters you see: isi dengan karakter yang Anda lihat, ini untuk mencegah spam
      •     Lalu klik tombol “I Accept”

        4. Akun email Anda di Hotmail sudah jadi. Langkah selanjutnya Anda bisa klik  tombol “Continue to inbox” untuk melihat halaman email Anda.

        b. Jenis- Jenis Email
        1. POP Mail
        POP Mail merupakan email yg di terima melalui Internet Service Provider (ISP) yg jadi langganan anda. Saat anda mengirimkan email ke alamat email orang lain, email tersebut tak akan dikirim ke komputer yg orang tersebut gunakan, melainkan disimpan dikomputer yg jadi server email milik ISP langganan. Email tersebut bakal dikirimkan ke pc orang tersebut disaat melakukan login memanfaatkan akun email punya dia.
        Kelebihan POP Mail
        kelebihan yang dapat kita rasakan dengan POP Mail ini adalah bahwa POP mail sanggup dibaca dalam keadaan offline, pengecekan email bakal kita lakukakan dgn cara menghubungkan pc ke internet baik melalui modem , selanjutnya mendownload email email dari server server email, seterusnya memutuskan hubungan dgn internet. Sesudah email diunduh kita dapat membacanya satu satu dalam kondisi offline.
        Mendownload Email dari Server
        Untuk memdownload email dari server alamat email adalah dengan cara memiliki program client mail, seperti Eudora atauMicrosoft Outlook Express dikomputer yg kita pakai,  jangan anda harus mengatur programnya agar email bisa terbaca.
        Kekurangan POP Mail
        Kekurangan dari POP Mail ini adalah kita tak bisa  mengakses email dari sembarang area, kalau kita mau mengakses email dikomputer yg lain sehingga kita harus  mengatur ulang kembali seluruhnya pengaturannya. Tidak Hanya itu kalau kita memakai akses internet yg perhitungan biayanya besar file yg diunduh & bukan berdasarkan lama nya waktu yang kita gunakan untuk berkoneksi,a nggaran yg dikeluarkan akan sama saja.
        2. Email Berbasis Web
        Email berbasis situs merupakan pelayanan email yan ditawarkan oleh situs-situs penyedia jasa pelayanan email, seperti Yahoo, GMail, Lycos Mail, Windows Live Hotmail, & lain-lain. Pelayanan email type ini rata rata diberikan free oleh web yg bersangkutan.
        Kelebihan & Kekurangan Email Berbasis Website
        Kelebihan dari email ini yakni kebanyakan diberikan dengan cara gratis, diluar itu anda akan periksa email dari mana saja. Kekurangan dari email type ini ialah buat membaca email kita mesti dalam keadaan online maka membutuhkan budget koneksi internet yg lebih besar. Meski begitu, sekian banyak web penyedia jasa pelayanan email pula disertai dgn alat POP3. Alat ini mengijinkan customer membaca dalam kondisi offline, seperti email POP.
        3. Email Forwarding
        Email Forwarding ialah pelayanan email yg melanjutkan email yg diterimanya kedalam email yg lain. Email jenis ini berguna bagi orang yg senang ganti-ganti alamat email.
        Kelebihan & Kekurangan Email Forwarding
        Kelebihan daripada email forwarding ialah kita akan menyembunyikan alamat email yg sesungguhnya. Tidak Cuma itu, kalau anda ubah alamat email, kita tak butuh berikan tahu alamat email yg baru, kita cukup berikan alamat email forwarding.
        Kekurangan email forwarding yaitu cuma bersifat perantara & mesti menambahkan email yg di terima ke alamat yg lain, & email tersebut membutuhkan disaat yg lebih lama buat hingga terhadap alamat email yg sesungguhnya.
        c. Cara Mengecek,Mengirim,Membalas Email
        1. MEMBUKA E-MAIL
        Untuk mengirim e-mail, kamu harus sign in atau login terlebih dahulu sehingga dapat masuk ke dalam create atau tulis surat. Langkah untuk login atau membuka e-mail adalah sebagai berikut:
        HAPUS AKUa. Masuklah di halaman situs penyedia e-mail (dalam hal ini http://www.gmail.com atau langsung ke mail.google.com
        b. Akan terbuka halaman login ke e-mail. Isilah Gmail! ID dan kata sandi, HAPUS AKU
         c. tekan Enter atau klik Sign In (Masuk) sehingga masuk ke halaman Gmail
         2. MENGIRIM E-MAIL
        HAPUS AKUUntuk dapat mengirim e-mail, kamu harus tahu alamat e-mail teman atau orang lain yang dituju. Untuk mengirim e-mail, klik tombol Compose/Tulis Surat 
        HAPUS AKU


        Isilah bagian-bagian berikut: 
        a. Kepada (To), diisi dengan alamat e-mail tujuan, yaitu : tugastiksmpn16malang@gmail.com
        b. Perihal (Subject), diisi dengan judul, maksud, atau tema surat yang dikirim, yaitu : tugas3
        c. CC (Copy Carbon), diisi dengan alamat e-mail dari orang yang perlu menerima tembusan e-mail yang dikirim, yaitu : Email bu mukalis
        d. BCC (Blind Copy Carbon), diisi dengan alamat e-mail dari orang yang perlu menerima tembusan e-mail yang dikirim, namun alamat e-mail tidak akan ditampilkan sehingga penerima tidak tahu siapa saja yang menerima e-mail tersebut. isilah dengan : Email kalian.
        e. Kolom kosong di tengah adalah tempat untuk menulis isi surat. Setelah selesai menulis isinya, klik tombol Send untuk memulai proses pengiriman. Bila berhasil, akan muncul informasi bahwa e-mail telah terkirim pada alamat tujuan. Bila alamat e-mail yang dituju tidak sesuai (tidak ada), maka informasi kesalahan akan terlihat di layar sehingga dapat kamu betulkan dan siap untuk mengulangi proses pengiriman e-mail HAPUS AKU

        3. MEMBACA E-MAIL
        Untuk mengecek isi e-mail, kamu harus sign in atau login terlebih dahulu sehingga dapat melihat e-mail yang masuk ke dalam inbox atau kotak surat. ikuti langkah-langkah sebagai berikut

        HAPUS AKUa. Klik pada Inbox untuk memeriksa e-mail yang masuk. Angka dalam tanda kurung di sebelah kanan Inbox menunjukkan jumlah e-mail yang ada di dalamnya 
        b. Perhatikan nama pengirim e-mail pada bagian Sender, judul atau perihal e-mail pada bagianSubject, beserta tanggal pengiriman dan ukuran file HAPUS AKU
        c. Klik salah satu judul email untuk membukanya. Pada jendela yang muncul, kamu dapat membaca isinya.
        d. Setelah membaca sebuah e-mail, kamu dapat membaca e-mail selanjutnya dengan cara klik tombol NextPrevious, atau kembali ke Inbox (Back to MessagesHAPUS AKU
        e. Dapat juga menggunakan tombol navigasi pada toolbar Standard. Dari halaman ini, kamu juga dapat menghapus sebuah e-mail (Delete), membalasnya (Reply), atau meneruskan ke alamat e-mail yang lain (Forward).
         4. MEMBALAS E-MAIL
        HAPUS AKUkamu dapat membalas e-mail yang masuk. Untuk membalas e-mail, klik tombol Reply/Balas dari e-mail yang sedang dibaca 
        5. KELUAR DARI LAYANAN E-MAIL
        Setelah selesai membaca, mengirim, atau membalas e-mail, akhiri kegiatan ini dengan keluar dari layanan e-mail. Caranya, klik tombol Sign Out yang ada di sudut kanan atas jendela e-mail Gmail HAPUS AKU
        d. Istilah-Istilah Dalam Email
        1. To
          Tempat menulis alamat tujuan pengiriman E-Mail 
        2. Cc (Copy Carbon)
          Tempat menulis alamat E-Mail penerima salinan surat E-Mail yang dikirim
        3. Bcc (Blind Copy Carbon)
          Tempat menulis alamat E-Mail penerima salinan surat E-Mail yang dikirim, tetapi di surat yang lain tidak tercantum bahwa ia menerima salinan surat tersebut.
        4. Subject
          Subject adalah tempat menulis Tema Pengiriman surat atau boleh juga perihal dan boleh juga sebagai judul surat.
        5. Attach File
          Attach File adalah Lampiran yang akan dimasukan dalam surat, lampiran tersebut berupa file yang dikirimkan bersama surat
        6. Send
          Send adalah tombol pengiriman surat, jika surat telah selesai dibuat semua maka langkah terakhir adalah mengirim E-Mail dengan menekan tombol send
        7. Save
          Menyimpan E-Mail di folder Draft sebelum dikirim 
        8. Discard / Cancel
          Membatalkan penulisan surat dan tidak menyimpannya
        9. Mark
          Menandai Daftar Email Masuk/Keluar/Konsep dengan cek list
          Mark All : Menandai semua E-Mail
          Mark As Read : Menandai E-Mail yang sudah dibaca
          Mark As Unread : Menandai E-Mail yang belum dibaca
        10. Delete
          Menghapus E-Mail
        11. Move To
          Memindahkan E-Mail ke Folder Draft atau Folder lainnya
        12. Filter
          Memisahkan E-Mail, atau mengelompokkan E-Mail 
        13. Reply
          Membalas E-Mail 
        14. Forward
          Mengirimkan kembali E-Mail yang sama yang telah dikirim kealamat yang sama atau ke alamat E-Mail yang berbeda
        15. Write / Compose
          Membuat / menulis E-Mail baru 
        16. Inbox
          Tempat / Folder E-Mail Masuk 
        17. Sent Mail
          Tempat / Folder E-Mail yang terkirim 
        18. Draft
          Tempat E-Mail konsep 
        19. Spam
          Tempat E-Mail-E-Mail yang tidak diinginkan 
        20. Contacts
          Tempat daftar alamat E-Mail  
        e. Etika Penulisan Email

        Netiket atau nettiquette adalah etika dalam berkomunikasi melalui e‑mail. Seperti halnya berkomunikasi melalui surat atau bertatap muka berkomunikasi dengan e‑mail butuh tatacara tersendiri.
        1) Perlakukan E‑mail secara pribadi
        Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada Anda secara pribadi, Anda tidak sepatutnya mengirimkannya ke forum umum, seperti kelompok, grup, atau mailing‑list. E‑mail pada dasarnya adalah alat komunikasi personal.
        2) Jangan gunakan huruf kapital
         Seperti halnya membaca surat kabar atau surat, membaca pesan e­mail yang menggunakan huruf besar/kapital yang berlebihan tidak enak dilihat. Tapi di samping itu, terutama dalam tata krama berkomunikasi dengan e‑mail atau chat, penggunaan huruf besar biasanya dianggap berteriak.
        3) Jangan gunakan CC
        Jika Anda ingin mengirim mail ke sejumlah orang (misaInya di mailing­ list), jangan cantumkan nama‑nama pada kolom CC. Jika Anda melakukan hal itu, semua orang yang menerima e‑mail Anda akan bisa melihat alamat‑alamat e‑mail orang lain. Umumnya orang tidak suka bila alamat e‑mailnya dibeberkan di depan umum. Gunakan BCC ( blind carbon copy ). Dengan cara ini setiap orang hanya bisa melihat alamat e‑mailnya sendiri.
        4) Jangan membicarakan orang lain
         Jangan membicarakan orang atau pihak lain, apalagi kejelekan-­kejelekannya. Berhati‑hatilah terhadap apa yang Anda tulis. E‑mail memiliki fasilitas bernama forward yang mengizinkan si penerima akan meneruskannya (forward) ke orang lain.
        5) Jangan terlalu banyak mengutip
         Berhati‑hatilah dalam melakukan balasan (reply). Fasilitas reply dari sebagian besar program maller biasanya akan mengutip pesan asli yang Anda terima secara otomatis ke dalam isi surat Anda. Jika harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban e‑mail, usahakan menghapus bagian‑bagian yang tidak perlu, dan hanya menjawab bagian- bagian yang relevan saja. Pesan yang terlalu panjang memakan file yang besar, yang membuat loading menjadi lambat, yang berarti akan menambah beban pulsa tidak hanya pada pihak penerima, tetapi juga pada pihak pengirim. Selain itu, jika kutipan itu Anda kirimkan untuk orang lain (misalnya isi email dari A Anda kirimkan untuk B) maka sebaiknya Anda menyertakan sumber, terutama jika e-mail tersebut berisi gagasan­gagasan penting. Mengutip gagasan tanpa menyertakan sumber akan membuat Anda dicap sebagai plagiat.
        6) Jawablah secara masuk akal.
        Jawablah setiap pesan e-mail secara masuk akal. Jangan menjawab dua tiga pertanyaan dalam satu jawaban, atau menjawab pesan e-mail yang panjang lebar dalam satu kata : “Good”
        7) Jangan gunakan format HTML
        Jika anda mengirim sebuah pesan penting kerekan anda, jangan gunakan format HTML tanpa anda yakin bahwa program e-mail rekan anda bisa memmahami kode HTML. Jika tidak, pesan anda sama sekali tidak terbaca atau kosong. Sebaiknya, gunakan plain text.
        f. Mailing List
        Mailing List merupakan istilah dalam bahasa inggris yang jika dibahasa Indonesiakan menjadi Milis. Sedangkan pengertian Mailing List adalah fasilitas grup yang memungkinkan kita untuk bertukar informasi seperti diskusi di internet, Mailing List ini bersifat terbuka sehingga siapa saja bisa masuk dan berikutserta di dalamnya. Cara kerja Mailing List yaitu dengan memanfaatkan fasilitas Email, anggota Mailing List bisa bertanya sesuka hati di Mailing List kemudian akan dibroadcast ke seluruh anggota group melalui Email yang memiliki kesukaan dan kepentingan yang sama. Anggota Mailing List yang menerima pertanyaan melalui Email Broadcast tersebut dapat membalasnya sesuka hati yang kemudian balasan tersebut akan dibroadcast kembali ke anggota lainnya.
        Supaya proses diskusi pada Mailing List dapat berjalan dengan baik maka dibutuhkan seorang atau lebih yang bertugas sebagai moderator. Tugas moderator tersebut yaitu memonitoring seluruh aktivitas anggota, sehingga ketika ada melanggar si moderator mempunyai hak untuk menegur bahkan hingga mengeluarkan anggota tersebut dari group Milis.

        Sumber : https://www.maxmanroe.com/cara-membuat-email-baru-di-gmail-yahoo-dan-hotmail.html

        About Unknown

        Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas euismod diam at commodo sagittis. Nam id molestie velit. Nunc id nisl tristique, dapibus tellus quis, dictum metus. Pellentesque id imperdiet est.

        Tidak ada komentar:

        Posting Komentar


        Formulir Kontak

        Nama

        Email *

        Pesan *

        Translate